Hidden Gem di sekitar Feng Chia

Pasar Malam Feng Chia terletak di sebelah Universitas Feng Chia terkenal dengan kehidupan malamnya. Sekali menginjakkan kaki di sekitar Pasar Malam Feng Chia, langsung tercium aroma berbagai jenis makanan street food.

 

Tidak hanya membawa kalian menjelajahi berbagai makanan yang dapat memanjakan lidah tetapi juga membawa kalian melihat berbagai pemandangan yang belum pernah kalian temui sebelumnya. Tentunya tempat-tempat ini hanya diketahui oleh penduduk lokal. Makanya pantau terus halaman ini dan ketahui lebih lanjut hidden gem apa saja yang ada di Pasar Malam Feng Chia.   

PLACES YOU SHOULD VISIT

tain19-1024x579

Xue Jia Wheel Cake

Chicken Chop

image-5

Heartache Gachapon Shop

image

MenRamen

Screen Shot 2021-12-08 at 16.33.56

Polite Outfit

image-6

Ice Hot Tang Yuan

LIST OF ITINERARY

Kue Roda Xue Jia(學甲人車輪餅)

No. 203之2號, Wenhua Rd, Xitun District, Taichung City, 407

tain19-1024x579
Picture2

Dinamakan Kue Roda karena bentuknya yang menyerupai roda. Kue ini seperti waffle dengan isian didalamnya. Beberapa kios ada yang menjualnya dengan isian manis dan beberapa dengan isian asin. Di kios ini ada 6 macam pilihan rasa yaitu kacang merah, krim, kacang, cokelat, taro, dan lobak putih

Dari sudut pandang orang Indonesia, kue roda tidaklah asing bagiku. Meskipun Kue Roda adalah snack otentik Taiwan, entah mengapa rasanya sangat familiar. Ini seperti martabak yang menggunakan berbagai jenis topping, mungkin karena itu rasa dari kue ini sangat familiar.

Apa yang membuat Kue Roda Xue Jia berbeda dari kue roda lain di Taiwan? Kue ini memiliki pinggiran yang renyah dengan sedikit aroma biji wijen. Kakek pemilik kios memberi isian yang begitu melimpah sehingga terasa hangat ketika dimakan dan rasa yang nendang memenuhi mulut kita. Selain itu, dia juga sangat ramah kepada orang asing. Saya ingat pengalaman saya membeli kue ini setelah beberapa hari datang ke Taiwan. Ketika itu, bahasa Mandarin saya tidak terlalu baik, tetapi kakek tetap melayani saya dengan sabar.

 

Dibandingkan kios lain yang ada di Feng Chia, harga kue roda disini adalah yang termurah. Biasanya kue ini dijual dengan rentang harga $19 sampai $25 NTD tetapi harga di Xue Jia hanya antara $10 sampai $13 NTD saja. Sebagian besar wisatawan tidak mengetahui tempat ini karena letaknya yang tidak berada di pusat pasar malam melainkan sedikit berlawanan arah dengan pasar malam.  

Ayam Krispi Seluruh Dunia
(全國大腿排)

No. 38, Lane 20, Fengjia Rd, Xitun District, Taichung City, 407

 

Terdapat begitu banyak tempat makan di pasar malam, tetapi blogger sangat merekomendasikan kios ayam krispi ini. Kios ini bernama “Ayam Krispi Seluruh Dunia”. Mengapa dinamakan seperti itu? Karena ayam dari kios ini dimasak berdasarkan berbagai macam negara. Contohnya, di kios ini terdapat Ayam Korea yang dimasak dengan saus Gojujjang kental yang merupakan khas dari Ayam Korea. Kios ini juga memiliki hidangan lain yang dimasak berdasarkan Negara Thailand, Jepang, dan lainnya.

Harga yang ditawarkan oleh kios ini juga sangat terjangkau bagi para murid, dengan kisaran $50-100 NTD. Dan yang terpenting adalah kios ini selalu memakai saus yang banyak. Daging ayamnya sangat juicy dan bagian luarnya sangat krispi. Untuk ayam krispi Taiwan, kios ini memiliki rasa yang kaya karena ayam krispinya akan dipanggang dengan saus setelah digoreng. Blogger sangat menyukai ayam kios ini karena sangat mengenyangkan. Jika ingin dimakan dengan makanan berkabohidrat, juga dapat dimakan dengan nasi atau mi. Selain itu, hal yang spesial dari kios ini adalah jam kerjanya (pukul 15:30-01:00), yaitu ketika kios lain belum buka. Dan kios ini juga sudah terdaftar di Uber Eats dengan nama 全國大腿排.

Kios ini sangat terkenal di kalangan penduduk setempat, blogger juga sangat menyukainya karena blogger dapat membelinya ketika sedang merindukan rumah. Blogger mengetahui kios ini setelah direkomendasikan oleh teman Taiwan blogger, teman Taiwan blogger mengatakan bahwa makanan ini adalah makanan tersembunyi yang harus dicoba.

 

Sayangnya sebagian besar turis tidak mengetahui keberadaan kios ini karena ketika mencari “ayam krispi yang paling terkenal” melalui Google, biasanya yang ditemukan adalah Ayam Krispi Iblis dan Ayam Krispi Malaikat. Namun blogger sangat merekomendasikan kios ini, karena Ayam Krispi Seluruh Dunia dapat memberikan hiburan ketika sedang merindukan rumah. Atau ketika ingin mencoba rasa ayam krispi dari berbagai negara, Ayam Krispi Seluruh Dunia adalah pilihan yang terbaik.

Tangyuan Es Api (冰火湯圓)

No. 2號, Lane 127, Wenhua Rd, Xitun District, Taichung City, 407

Tangyuan adalah makanan penutup tradisional Cina, yang merupakan sup yang terbuat dari beras ketan. Nama tāngyuán berasal dari 團圓 tuányuán yang berarti reuni keluarga. Tangyuan dan mochi sangatlah mirip tetapi disajikan dengan cara yang berbeda. Mochi biasanya dimakan kering namun tangyuan disajikan bersama sup.

Bola tangyuan bisa besar atau kecil, di dalamnya dapat diberikan isian maupun tidak. Di Indonesia terdapat hidangan serupa yang bernama “ronde”, dan biasanya disajikan bersama jahe atau kacang tanah. Namun kios ini menciptakan cara yang unik dan baru untuk memakan tangyuan. Sesuai dengan namanya, bing huo yang berarti es dan api, dengan maksud kios ini menyajikan tangyuan panas di atas es.

Seperti yang dapat dilihat dari menu, Tangyuan Es Api memiliki dua isian utama, yaitu kacang tanah dan wijen hitam. Tangyuan juga dapat disajikan dengan es serut atau sup panas dengan sirup osmanthus. Kisaran harganya adalah $70-100 NTD. Namun tangyuan ini tidak disarankan bagi orang yang vegetarian karena mengandung kulit babi. Lalu jika kalian memiliki alergi terhadap kacang, kalian dapat memesan rasa wijen hitam.

Makanan lain yang harus dicoba dari kios ini adalah sup nasi fermentasi. Sup nasi fermentasi kios ini juga populer di kalangan orang Taiwan, terutama orang tua. Terkadang, ketika cuaca menjadi dingin, ada banyak orang yang akan membeli sup nasi fermentasi dan telur dari kios ini untuk menghangatkan tubuh. Sup nasi fermentasi tidak hanya memiliki rasa yang enak, melainkan juga baik bagi kesehatan karena dapat bertindak sebagai anti inflamasi bagi kulit, menyembuhkan masalah pencernaan, dan juga membantu para wanita mengurangi kram menstruasi. Namun makanan ini tidak disarankan bagi orang yang mengemudi karena mengandung alkohol.

Kios ini juga merupakan tempat yang bagus untuk anak muda atau keluarga yang ingin duduk dan mengobrol karena kios ini tidak memiliki batasan waktu atau pemesanan. Selain itu, jam kerja kios ini dimulai dari pukul 17:00-00:00. Kios ini juga memperbolehkan membawa makanan atau snack dari luar.

Makanan penutup ini biasanya dikonsumsi selama festival lentera dan titik balik matahari musim dingin. Fakta menyenangkan lainnya dari mengkonsumsi tangyuan ketika titik balik matahari musim dingin adalah tangyuan tidak boleh dimakan dalam jumlah ganjil karena akan menyebabkan seringnya kesepian di tahun mendatang. Blogger juga sering datang untuk memesan es serut tangyuan kios ini, karena kaya akan rasa, terutama manis.

 

Tidak hanya itu, kios ini juga menyediakan isi ulang sirup osmanthus gratis dan jus lemon untuk ditambahkan ke tangyuan. Blogger sangat merekomendasikan kios ini karena walaupun kios ini terkenal di kalangan orang Taiwan, namun tidak banyak orang asing yang mengunjungi kios ini. Ini lebih dari mochi yang kalian ketahui. Layak untuk dibeli.

Mainan Kapsul Sakit Hati
(心痛扭蛋)

407台中市西屯區慶和街90號

Gashapon adalah sebuah mesin permainan dimana kita memasukkan uang lalu memutar tuas dan mendapat sebuah kapsul dengan isi barang tententu. Beberapa orang mungkin bertanya-tanya kenapa kios ini dinamankan “Gashapon Sakit Hati”, karena jika kamu pergi ke kios ini, kamu akan menemukan suatu mesin bernama “Mesin Gashapon Sakit Hati”. Pada mesin itu tertulis “bersiaplah untuk sakit hati setelah kamu memasukkan uang”. Setelah kamu membuka kapsul yang kamu dapat, kamu hanya mendapat catatan yang bertuliskan “Sakit terbesar dalam hidupmu adalah tidak mendapat apa-apa dari Gashapon”. Alasan pemilik membuat lelucon seperti ini hanya karena dia ingin mengisi mesin kosong itu sebelum gashapon baru tiba. Pemilik juga mengatakan, karena itu hanya lelucon, jika pelanggan menginginkan uangnya kembali, pemilik akan mengembalikan uangnya.

 

Selain itu, kios ini tidak hanya menyediakan mesin prank tersebut, Gashapon lainnya biasanya didatangkan dari Jepang dan beberapa di antaranya dari Taiwan. Mereka juga menyiapkan banyak blind box (Kotak yang dibeli tetapi tidak tahu isinya) dengan tema yang berbeda untuk pembeli yang suka kejutan. Produk-produknya berkualitas baik dan semuanya terlihat menawan. 

MENmonster Ramen
MENmonster 拉麵

407037台中市西屯區慶和街32號

Blogger sangat merekomendasikan kios ramen ini jika kalian belum pernah mencobanya. Kios ramen ini sangat spesial dan berbeda dengan kios ramen lainnya. Kios ini terletak di sebuah gang di samping Pasar Malam Feng Chia. Blogger merekomendasikan kios ini karena beberapa alasan. Pertama-tama, lingkungan kios ini sangat bagus. Kursinya diatur di meja bar di sekitar dapur, sehingga proses penyiapan makanan dapat dilihat. Kios ini juga menggunakan fasilitas dapur elektronik sehingga lebih aman dan terhindar dari masalah asap berminyak.

 

Selanjutnya, menu kios ini sangat berbeda dari kios ramen lainnya: ramen udang bumbu, ramen sup ayam jeruk bali asin, dll. Keasinan sup dan kekerasan mi dapat dipilih. Terakhir kali blogger datang ke kios ini, blogger memesan ramen bumbu campur. Ketika ramennya disajikan, aroma dari bumbunya dapat tercium, dan ketika blogger mencoba sup-nya, berbagai macam rasa yang tercampur seolah-olah meledak di dalam mulut. Kekerasan mi-nya sempurna. Tekstur ayam dan babinya lembut, dan rasanya sangat enak. Selain itu, kalian juga harus mencoba telur setengah matang kios ini. Ini kombinasi yang bagus dengan ramen. Kios ini juga menyediakan isi ulang mi dan nasi gratis bagi orang yang belum cukup kenyang.

polite outfit

Let me introduce the owner of this shop first

The owner of this store graduated from the Department of Radio and Television of National Taiwan University Of Art, but the reason why he opened this clothing store is because when he was in college, he originally liked to wear different styles of clothes, so he also wanted to help students try different styles.That’s why he decided to open this clothing store near Feng Chia University

And the reason why I recommend this shop is because I like the owner’s idea : “dress up as you like, and be a polite person.” Respecting your’s dress is also a kind of etiquette. The second point is that their products are cheap and beautiful! In addition to vintage clothes, the owner will also choose some second-hand good-looking clothes for people who may want to try on but can’t afford new clothes.

 

And I think the most interesting part of this clothing store is that the owner of this store will help you match the clothes. you can choose the type or color of the clothes you like, and then he will according to your body shape and personal characteristics. Set of clothes for you.

馬可有禮貌穿搭

先來介紹一下這家店的老闆,他是台藝大廣播電視系畢業的,但他之所以開了這家服飾店是因為大學時,他本來就很喜歡穿搭不一樣風格的衣服,所以他也想幫助大學生穿搭,所以他才決定開了這家店服飾店在逢甲附近。

而我之所以推薦這間店是因為我很喜歡老闆的理念:「隨心所欲的裝扮自己,當個有禮貌穿搭的人」,尊重自己的打扮也同時也是一種禮儀。第二點是他們家的東西很便宜又很好看!除了古著外,老闆也會挑一些二手好看的衣服讓可能想嘗試穿搭,但又負擔不起全新衣服的人去做挑選

而且這家服飾店我認為最有趣的地方就是老闆會幫你配衣服,你今天可以把你喜歡的衣服種類或顏色說出來,接下來老闆就會依照你的身材和個人特質再加上老闆對衣服穿搭的見解去搭配屬於你的整套衣服。

Yanjie Pang 彭彥潔

Devina Aprillya 施玟雅

Jackquline Vivi 吳彩麗

Ryan 鐘榮哲